“Silent please !”, ya kata-kata itu acap kali diucapkan oleh Tukul d 4 mata-nya, but gw ga akan bahas silent please-nya tukul. Sebenernya hal ini adalah masalah sepele namun banyak orang yang kurang peduli terhadap hal ini, entah kekurang tau-an or emang orangnya yang cuek bebek. Ini terkahir gw alami kemaren pas lagi ada rakor di Kemeneg Pera, sebelum acara dimulai pembawa acaranya menyampaikan pemberitahuan “Mohon bagi para peserta rapat untun me-non aktifkan HP selama rapat berlangsung !”. Namun apa yang terjadi, selama rapat berlangsung puluhan bahkan ratusan (ga nyampe kali, abis banyak banget) HP berbunyi bergantian. Ada SMS ada juga bunyi panggilan. Macam-macam ringtone-nya. Akhirnya suasana rapat jadi kurang nyaman. Sebenernya kejadian seperti ini banyak sekali terjadi, waktu rapat, waktu pelajaran d kelas dan bahkan waktu sholat d Masjid. Pernah suatu kali pas gw lagi sholat dhuhur, waktu tahiyat akhir tiba-tiba HP-nya imam berbunyi, udah gitu ringtone-nya lagunya Peterpan, sholat jadi ga konsen n kadang-kadang kesel juga. Gw merasa aneh aja dengan kejadian ini, trus terang gw selalu membiasakan diri untuk mengubah ke silent mode jika gw lagi di acara seperti itu or lagi d jalan. Kadang-kadang gw berpikir mungkin pas d acara-acara kaya gitu perlu ada jammer kali ya, tujuannya bukan buat pengamanan tp buat KENYAMANAN (agak konyol ya). Prediksi gw mungkin orang-orang itu males menonaktifkan HP-nya karena ingin tetep berkomuniasi trus yg kedua mereka kurang tau cara cepat merubah HP-nya ke kondisi silent mode. Gw punya sedikit cara buat pengguna HP Nokia, Sony Ericsson or Samsung. Untuk pengguna Nokia cukup dengan menekan tombol on/off, tp jangan lama-lama karena klo lama HP akan dimatikan, trus di layar akan menampilkan pilihan profile, nah setelah itu tinggal pilih Silent. Klo di Sony Ericsson or Samsung caranya sama dan cukup simple, cukup dengan menekan tombol agak lama dikit yang ada di ujung paling kanan bawah (tombol # klo d SE). Dengan begitu HP otomatis dalam keadaan silent mode (pake getar). Jadi tidak akan mengganggu kenyamanan dalam sebuah acara. Semoga bermanfaat.