Setelah melakukan penjelajahan ke pantai Lhum Puuk dan pelabuhan Ule Lheue beberapa hari yang lalu, dilanjutkan kemaren malem jelajah kuliner dengan makan mie aceh spesial kepiting (mak nyusss), nah untuk hari ini penjelajahan dimulai dari Benteng Indraprata, pulangnya mampir ke pantai Ujung Batee dan ditutup dengan jelajah kuliner di Solong Coffe.

Solong Coffe adalah nama salah satu kedai kupi di Ulee Kareng (nama salah satu tempat di kota serambi yang terkenal dengan kupinya). Pas nyampe di sana ada pemandangan yang menarik. Kebetulan kedai Kupi itu lokasinya bersebarangan dengan mesjid, dan kebetulan juga pas waktu ashar. Hal yang menarik di sini adalah kedai kupi itu hampir keliatan tutup, hanya terlihat pintunya terbuka sedikit. Pemandangan ini sering terlihat di tempat lain seperti di Jakarta ketika bulan ramadhan, sebagian warung makan akan ditutup sebagian. Ternyata hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi yang sedang melaksanakan sholat ashar di mesjid itu (Subhanallah). Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Balik lagi ke kupi Ulee Kareng, kupi ini punya cita rasa dan penyajian yang khas. Cara penyajiannya dengan cara direbus dan disaring dulu sebelum disajikan. Jadi kupi yang sudah siap diminum sudah ga ada lagi ampasnya sama seperti kopi instan. Rasanyapun ga kalah khasnya. Pertamax deh. Adapun jenis pilihan kupinya ada 3 macem : kupi biasa (kupi hitam), kupi kocok (campur telor ayam kampung) dan kupi sanger (campur susu sedikit sebagai aroma). Dan kupi yang kupilih adalah kupi biasa (untuk pertama kali ga mau yang aneh-aneh dulu). Hmmmmm sruput put….
Untuk selanjutnya jelajah kemana lagi ya ?